Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Latihan Bab 5 Klasifikasi Makhluk Hidup

Materi IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Bab 5 "Klasifikasi Makhluk Hidup" menguraikan dua kelompok ciri-ciri yang membedakan makhluk hidup dari benda mati. Pertama, ciri-ciri yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, melibatkan kemampuan bergerak, kebutuhan akan makanan, proses bernapas, respons terhadap rangsangan, pertumbuhan, ekskresi, dan reproduksi. 

Semua makhluk hidup memiliki kemampuan bergerak yang beragam, memerlukan makanan untuk bertahan hidup, bernapas untuk mendapatkan oksigen, merespons rangsangan, tumbuh dan berkembang, mengeluarkan zat sisa, serta berkembang biak.

Kedua, ciri-ciri yang berkaitan dengan klasifikasi makhluk hidup, membahas klasifikasi sebagai cara mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri dan karakteristik untuk mempermudah pengelompokan dan identifikasi. 

Takson, tingkatan klasifikasi mulai dari domain hingga spesies, digunakan untuk merinci hubungan antara spesies yang berbeda. Bab ini juga menyoroti diversitas makhluk hidup di Bumi, yang mencakup berbagai aspek seperti bentuk tubuh, ukuran, warna, habitat, dan cara hidup. 

Dengan demikian, pembahasan tersebut memberikan pemahaman mendalam tentang ciri-ciri esensial makhluk hidup dan bagaimana mereka diklasifikasikan untuk memahami keanekaragaman mereka di planet ini.

Berikut Soal Latihan Bab 5 Klasifikasi Makhluk Hidup

Download Soal Latihan Bab 5 Klasifikasi Makhluk Hidup (Disini)