Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi Soal PPPK Guru 2024: Teori Belajar Gagne


Uraian Singkat Materi:

Teori belajar Gagne, yang dikembangkan oleh Robert Gagne, adalah salah satu teori pembelajaran yang sering digunakan dalam dunia pendidikan. Gagne memandang belajar sebagai proses yang melibatkan berbagai jenis pembelajaran yang memerlukan kondisi tertentu. Berikut adalah uraian lengkap tentang teori ini:

Prinsip Utama Teori Belajar Gagne

Gagne membagi pembelajaran menjadi beberapa jenis, dan masing-masing membutuhkan pendekatan yang berbeda. Ia juga menekankan pentingnya instructional design yang sistematis untuk mendukung pembelajaran.

1. Hirarki Pembelajaran (Learning Hierarchy)

Gagne mengembangkan konsep hierarki pembelajaran, yang menyatakan bahwa belajar merupakan proses bertahap. Sebelum seseorang bisa mempelajari keterampilan kompleks, ia harus menguasai keterampilan dasar terlebih dahulu. Proses ini dapat digambarkan melalui urutan pembelajaran yang logis.

2. Kategori Hasil Belajar

  • Gagne mengidentifikasi lima kategori hasil belajar yang berbeda, yaitu:
  • Keterampilan intelektual (Intellectual Skills): Kemampuan berpikir logis, menganalisis, atau memecahkan masalah.
  • Strategi kognitif (Cognitive Strategies): Kemampuan untuk mengatur dan mengelola cara belajar seseorang.
  • Informasi verbal (Verbal Information): Kemampuan untuk mengingat dan mengungkapkan fakta atau konsep.
  • Keterampilan motorik (Motor Skills): Kemampuan melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan koordinasi.
  • Sikap (Attitudes): Kecenderungan seseorang untuk bereaksi positif atau negatif terhadap sesuatu.

3. Sembilan Tahapan Pembelajaran (Nine Events of Instruction)

Gagne menyusun tahapan-tahapan pembelajaran yang efektif untuk memfasilitasi setiap kategori hasil belajar. Tahapan ini adalah:

  1. Mendapatkan perhatian siswa (Gain Attention): Menarik perhatian siswa untuk memfokuskan pada pembelajaran.
  2. Memberikan tujuan pembelajaran (Inform Learners of Objectives): Memberitahu siswa apa yang akan mereka pelajari.
  3. Merangsang ingatan awal (Stimulate Recall of Prior Learning): Menghubungkan pelajaran baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki.
  4. Menyampaikan konten (Present the Content): Memberikan materi pembelajaran.
  5. Memberikan panduan belajar (Provide Learning Guidance): Membantu siswa dengan panduan, petunjuk, atau contoh.
  6. Memancing performa siswa (Elicit Performance): Meminta siswa untuk mencoba atau mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari.
  7. Memberikan umpan balik (Provide Feedback): Memberikan informasi tentang kinerja siswa.
  8. Menilai performa (Assess Performance): Mengevaluasi hasil pembelajaran siswa.
  9. Meningkatkan retensi dan transfer belajar (Enhance Retention and Transfer): Membantu siswa mengaplikasikan pembelajaran dalam konteks lain.

4. Kondisi Belajar (Conditions of Learning)

Gagne menekankan pentingnya kondisi internal (motivasi, pengetahuan awal) dan eksternal (lingkungan belajar, materi yang disampaikan) dalam mendukung pembelajaran yang efektif.

Penerapan Teori Gagne dalam Pembelajaran

Rancang pembelajaran berdasarkan sembilan tahapan Gagne. Misalnya, dalam pengajaran Bahasa Inggris, mulai dengan menarik perhatian siswa dengan cerita menarik (tahap 1) hingga memberikan umpan balik pada keterampilan menulis mereka (tahap 7).

Pastikan siswa memiliki dasar yang cukup sebelum melanjutkan ke materi yang lebih sulit. Contoh, mengajarkan tata bahasa sederhana sebelum meminta siswa membuat esai.

Fokus pada berbagai jenis hasil belajar. Tidak hanya pada kemampuan kognitif tetapi juga keterampilan motorik, sikap, dan strategi belajar.

Kelebihan Teori Gagne

  • Sistematis dan terstruktur.
  • Cocok untuk berbagai tingkat pendidikan dan bidang studi.
  • Mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pembelajaran.

Kritik terhadap Teori Gagne

  • Terlalu terfokus pada pendekatan linear, sehingga kurang fleksibel dalam situasi pembelajaran yang kompleks.
  • Tidak semua jenis pembelajaran mengikuti urutan yang ditetapkan.

Dengan memahami teori belajar Gagne, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih efektif dan terstruktur, sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran.

Kisi-kisi Soal PPPK Guru 2024 tentang Teori Belajar Gagne:

Kompetensi Konseptual

  1. Apa prinsip utama dari teori belajar Gagne?
    A. Belajar adalah proses alami tanpa struktur
    B. Belajar membutuhkan kondisi tertentu untuk setiap jenis pembelajaran
    C. Pembelajaran hanya efektif jika dilakukan secara langsung
    D. Semua siswa belajar dengan cara yang sama
    Jawaban: B

  2. Menurut Gagne, apa yang harus dilakukan sebelum mempelajari keterampilan kompleks?
    A. Menguasai keterampilan dasar terlebih dahulu
    B. Mempelajari teori tanpa praktik
    C. Menciptakan lingkungan belajar yang kompetitif
    D. Memfokuskan pada hafalan materi
    Jawaban: A

  3. Apa fokus utama dari hirarki pembelajaran Gagne?
    A. Memastikan siswa menyelesaikan tugas tepat waktu
    B. Mempermudah siswa untuk belajar dari yang sederhana ke yang kompleks
    C. Memberikan fleksibilitas penuh kepada siswa
    D. Mengutamakan penguasaan konsep tanpa praktik
    Jawaban: B

Kompetensi Kategori Hasil Belajar

  1. Manakah yang termasuk dalam kategori keterampilan intelektual menurut Gagne?
    A. Mengingat fakta dan konsep
    B. Mengelola cara belajar
    C. Menganalisis atau memecahkan masalah
    D. Mengkoordinasikan gerakan fisik
    Jawaban: C

  2. Kemampuan untuk mengelola dan mengatur cara belajar seseorang termasuk dalam kategori...
    A. Informasi verbal
    B. Strategi kognitif
    C. Keterampilan motorik
    D. Sikap
    Jawaban: B

  3. Apa yang dimaksud dengan informasi verbal dalam teori Gagne?
    A. Kemampuan mengatur strategi belajar
    B. Kemampuan mengingat dan mengungkapkan fakta atau konsep
    C. Kemampuan mengkoordinasikan aktivitas fisik
    D. Sikap terhadap pembelajaran
    Jawaban: B

Kompetensi Tahapan Pembelajaran

  1. Apa langkah pertama dalam sembilan tahapan pembelajaran Gagne?
    A. Memberikan panduan belajar
    B. Mendapatkan perhatian siswa
    C. Memberikan umpan balik
    D. Menyampaikan konten
    Jawaban: B

  2. Tahapan "Stimulate Recall of Prior Learning" bertujuan untuk...
    A. Memberikan panduan langkah demi langkah
    B. Menghubungkan pelajaran baru dengan pengetahuan sebelumnya
    C. Menilai kinerja siswa
    D. Memberikan informasi tentang kinerja siswa
    Jawaban: B

  3. Manakah yang mencerminkan tahapan "Elicit Performance"?
    A. Meminta siswa mempraktikkan apa yang telah dipelajari
    B. Memberikan umpan balik pada hasil belajar siswa
    C. Menarik perhatian siswa
    D. Membantu siswa dengan petunjuk belajar
    Jawaban: A

  4. Tahapan "Enhance Retention and Transfer" bertujuan untuk...
    A. Memastikan siswa menyelesaikan tugas tepat waktu
    B. Membantu siswa mengaplikasikan pembelajaran dalam konteks lain
    C. Memberikan nilai pada hasil belajar siswa
    D. Meningkatkan daya hafal siswa terhadap fakta
    Jawaban: B

Kompetensi Kondisi Belajar

  1. Kondisi internal dalam teori Gagne mencakup...
    A. Lingkungan belajar yang kondusif
    B. Motivasi dan pengetahuan awal siswa
    C. Media pembelajaran yang digunakan
    D. Panduan belajar yang diberikan guru
    Jawaban: B

  2. Apa yang termasuk dalam kondisi eksternal dalam pembelajaran Gagne?
    A. Motivasi siswa
    B. Pengetahuan awal siswa
    C. Materi yang disampaikan dan lingkungan belajar
    D. Strategi kognitif siswa
    Jawaban: C

Kompetensi Penerapan

  1. Dalam mengajarkan keterampilan menulis esai, langkah pertama sesuai teori Gagne adalah...
    A. Memberikan umpan balik pada esai siswa
    B. Mengajarkan tata bahasa dasar terlebih dahulu
    C. Meminta siswa membaca contoh esai
    D. Menilai hasil esai tanpa persiapan
    Jawaban: B

  2. Bagaimana penerapan diferensiasi dalam teori Gagne?
    A. Mengajarkan materi yang sama kepada semua siswa
    B. Menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan individu siswa
    C. Menggunakan satu strategi untuk semua jenis pembelajaran
    D. Memberikan tugas yang sulit kepada semua siswa
    Jawaban: B

  3. Kelebihan teori belajar Gagne adalah...
    A. Mengutamakan fleksibilitas penuh dalam pembelajaran
    B. Mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara sistematis
    C. Mengurangi kebutuhan akan evaluasi pembelajaran
    D. Mengandalkan pendekatan hafalan dalam proses belajar
    Jawaban: B